Cara Terbaik Optimasi SEO On Page


Cara Terbaik Optimasi SEO On Page

Santaibareng.net. Halo sobat, setelah membahas mengenai pengertian dan manfaat SEO, kali ini Santai Bareng akan membahas mengenai cara optimasi SEO yaitu SEO On Page. SEO On Page ini merupakan sebuah upaya atau usaha optimasi suatu website yang dilakukan dari dalam website itu sendiri. Dengan kata lain, optimasi yang dilakukan adalah oleh pemilik website itu sendiri dengan mendesain websitenya sehinnga menjadi SEO Friendly. OK, langsung saja.

Berikut dasar yang harus diterapkan dalam Optimasi SEO On Page :

1. Title Tag
Optimasi SEO On Page

Menggunakan title tag sebagai tempat utama untuk meletakkan kata kunci. Kata kunci yang di letakkan di awal judul (awalan kalimat) akan lebih baik dari kata kunci yang di letakkan di tengah judul dan di belakang judul, akan tetapi tidak semua kata kunci harus diletakkan di kalimat awal judul.

Sobat bisa meletakkan kata kuncinya di awal judul, jika kata kunci yang ditentukan dapat memikat calon pengunjung blog sobat. Namun, jika menurut sobat sendiri kurang menarik jika diletakkan di awal, sobat bisa meletakkan kata kuncinya di tengah atau di belakang judul.

Contoh:
Kata kunci : Optimasi SEO On Page
  1. Optimasi SEO On Page Pada Website
  2. Cara Terbaik Optimasi SEO On Page
Pada judul yang pertama, dapat dilihat bahwa judul ini sangat bagus dan sangat tertarget pada kata kunci. 

Sedangkan pada judul yang kedua, judul ini pun juga bagus karena dilengkapi kata-kata yang unik yang tentunya lebih memikat calon pengunjung blog sobat. Semakin menarik dan unik judulnya, akan semakin banyak juga jumlah pengunjungnya.

Dari kedua contoh judul di atas, yang kemungkinan besar menempati posisi utama dari penelusuran mesin pencari adalah judul yang pertama. Akan tetapi jika dilihat dari segi klik atau minat pengunjung, tentu mereka akan memilih judul yang kedua, karena lebih memikat dan meyakinkan.

2. Meta Description
Optimasi SEO On Page

Meta descriptions adalah keterangan atau deskripsi dari suatu halaman website berdasarkan dari kalimat artikel yang dipublikasikan. 
Kenapa meta desription ini harus di optimalkan sekalian?

Karena ketika seseorang mencari informasi yang dibutuhkan melalui mesin pencari dan setelah hasilnya muncul pasti yang dilihat pertama kali adalah judul dan yang kedua deskripsinya (meta description) yang relevan dengan judul yang ditulis. 

Usahakan dalam menulis deskripsinya 165 karakter saja, karena pada mesin pencari seperti Google hanya menampilkan deskripsi sebanyak 165 karakter saja. Jangan lupa mencantumkan kata kunci ke dalam deskripsi yang ditulis.

3. URL / Link
URL merupakan singkatan dari Uniform Resource Locator yang merupakan rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet.

Simplenya merupakan rangkaian beberapa huruf yang membentuk sebuah link untuk menuju suatu website atau sumbernya. Modifikasi URL ini agar lebih optimal. Misalnya :
  1. http://www.santaibareng.net/2016/11/12345Azek.html
  2. http://www.santaibareng.net/2016/11/cara-terbaik-optimasi-seo-on-page.html
Dari contoh diatas, akan lebih baik jika URL link dibuat seperti pada contoh yang kedua. Selain lebih rapi tentunya mengandung keyword yang telah ditentukan,sehingga lebih meninggkatkan SEO.

4. Heading (h1, h2, h3, h4)
Heading adalah kumpulan dari beberapa kata yang terbentuk menjadi sebuah judul atau sub-judul dalam sebuah dokumen html. Heading ini berbeda dengan tag < title >.

Jika berada di homepage maka H1 dipakai sebagai title blog (judul blog), sedangkan untuk H2 dipakai sebagai title postingan. Namun jika berada di halaman postingan maka sebaliknya, title postingan yang dipakai sebagai H1 dan title blog yang dipakai sebagai H2.

Dalam 1 halaman, H1 tidak boleh ditampilkan lebih dari sekali. Karena hal ini akan membingungkan mesin pencari mengenai topik utama halaman tersebut. Untuk H2, H3 dan seterusnya boleh ditampilkan lebih dari sekali.

5. Image & ALT Tag
Alangkah baiknya setiap postingan dilengkapi dengan gambar yang sesuai minimal 1 gambar. Setelah itu gunakan ALT Tag pada gambar dengan cara klik kanan kemudian klik description.

Masukkan judul dan deskripsi yang sesuai serta jangan lupa memasukkan kata kunci yang ditentukan.

Selain itu, beri nama gambar yang ditentukan sesuai dengan postingan.
Misalnya :
  1. Image.jpg
  2. Cara Terbaik Optimasi SEO On Page.jpg
Akan lebih baik jika gambar yang digunakan diberi nama seperti contoh yang kedua.

6. Internal Link
Usahakan ketika sobat menulis artikel, masukkan beberapa internal link yang relevan dengan topik yang dibahas. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan link juice, semakin banyak link juice akan semakin baik pula artikel yang ditulis.

Menurut situs wikipedia, artikel yang baik adalah artikel yang memberikan internal link yang relevan dan berkaitan..Mesin pencari pun juga menyukai artikel yang memiliki internal link yang tentunya relevan serta berkaitan dengan topik yang dibahas.

Selain optimasi diatas, sobat juga bisa melakukan optimasi SEO On Page dengan melakukan :
  • Membangun website yang terstruktur, tampilannya menarik, serta load-nya cepat
  • Menulis konten yang bermanfaat bagi pengunjung
  • Mengatur navigasi website yang rapi dan sebaik mungkin
OK, sekian dulu mengenai ulasan Cara Terbaik Optimasi SEO On Page.
Semoga bermanfaat.
Terima kasih.

Dapatkan artikel Tutorial Blog & Optimasi Blog lainnya di Barungeblog.com
Baca Juga!

Loading...