Biar Momen Traveling Makin Berkesan, Kamu Wajib Gunakan Alat Canggih Ini!

Drone
Sumber: my-best.id

Penggunaan kamera untuk mendokumentasikan pemandangan atau perjalanan udara belakangan ini sudah semakin meningkat. Selain untuk kebutuhan syuting profesional, kamera juga bisa digunakan untuk hobi atau sekedar penanda eksistensi di sosial media. 

Untuk saat ini merek drone yang paling sering digunakan untuk merekam video atau pengambilan foto yaitu DJI. Sekarang sudah banyak drone yang sering digunakan seperti DJI Phantom 3, DJI Mavic dan DJI Spark untuk menemani hobi atau pun kegiatan traveling kamu, lho! Pada artikel ini, kami akan mengulas beberapa drone yang bisa kamu gunakan dengan sesuai kebutuhan kamu. Simak ulasannya dibawah ini!


DJI Tello

DJI Tello
Sumber: dji.com

DJI Tello adalah drone yang memiliki ukuran terkecil dari seri DJI. Drone ini memiliki ukuran panjang 10,5 cm. Drone ini adalah drone yang dimainkan lewat Handphone. Adanya fitur stabilization flight, DJI Tello bisa terbang dengan leluasa di luar atau dalam ruangan. Kerennya, DJI Tello ini bisa melakukan atraksi di langit layaknya seperti racing drone. Cukup dilempar dari jari, drone bisa terbang sendirinya. Bagi kamu yang hobinya memodifikasi pola terbangnya drone, drone ini bisa menjadi pilihan kamu. Kamu juga tidak perlu bingung jika ingin membeli drone dari merk ini, karena sekarang kamu bisa membelinya di toko online atau offline yang khusus jual drone

DJI Phantom Advanced 4

DJI Phantom Advanced 4
Sumber: dji.com

Salah satu drone yang paling mumpuni dan bisa kamu gunakan dalam kegiatan pemetaan yaitu DJI Phantom Advanced 4. Dengan dibekali kamera yang stabil dan canggih dibanding seri sebelumnya, hasil video atau foto yang dihasilkan begitu informatif dan detail. Tidak hanya itu, sudah terdapat fitur unggulan yaitu draw yang bisa membantu dalam dalam merekam objek gambar. Cukup membuat rute pada layar, drone akan bergerak mengikuti jalur pada layar. Kerennya lagi, DJI Phantom Advanced 4 sudah dilengkapi sensor anti tabrak pada kamera di bagian belakang bawah dan depan.

DJI Phantom Pro 4
DJI Phantom Pro 4

Sumber: dji.com

Semua pastinya akan kesulitan dalam mengoperasikan drone seperti mengikuti rute gambar yang sedang berjalan. Contohnya seperti kamu mau merekam kegiatan road trip, olahraga, atau balap motor. Dengan dibekali system active track pada drone ini, DJI Phantom Pro 4 bisa otomatis dalam merekam video yang sedang bergerak sesuai dengan rute kamu. DJI Phantom Pro 4 sudah dilengkapi dengan sensor kamera CMOS dan shutternya bisa meminimalkan distorsi video atau gambar. Apalagi kualitas kameranya cukup jernih serta detail, drone DJI Phantom biasanya dipakai oleh para profesional videografer yang mengambil sebuah video komersil.

DJI 2 Inspire
DJI 2 Inspire

Sumber: my-best.id

Untuk soal kelincahan, DJI 2 Inspire bisa melesat dan terbang lebih dari 60 mph atau setara 95 km per jam. Meski desainnya yang lebar, drone ini mempunyai suara kipas yang cukup halus. Dengan keunggulan terbangnya, kamu bisa merekam sebuah adegan-adegan untuk pembuatan video atau film yang gerakannya cepat. Untuk bagian kamera, DJI 2 Inspire menggunakan CoreCine 2.1 yang bisa menghasilkan video resolusi 6K. Gimbal di kameranya pun bisa berotasi hingga lebih 3600. Dilihat dari body, kamera dan hardware, DJI 2 Inspire merupakan drone paling canggih yang diusulkan untuk pembuatan sebuah film.

DJI Mavic Zoom 2
DJI Mavic Zoom 2
Sumber: dji.com

Pemotongan gambar atau video supaya menjadi besar saat pengeditan mempunyai risiko sangat fatal, salah satunya kualitas gambar atau video menjadi turun. Agar mendapatkan hasil yang begitu jernih atau detail, disarankan untuk pengambilan gambar oleh drone harus lebih dekat pada objeknya. DJI Mavic Zoom 2 adalah seri DJI yang mempunyai kemampuan 5x zoom pada objek. Dengan fitur kamera zoom 5x, kamu bisa merekam objek gambar yang begitu jauh. Bagi kamu yang ingin shooting video wedding atau perjalanan, drone ini adalah jawaban yang tepat. Harga jual drone ini cukup tinggi yaitu Rp 10.700.000.

Meski kamu sudah menggunakan drone yang cukup mahal atau canggih, menerbangkan drone tidak begitu mudah. Selain sering berlatih, pengetahuan dalam menerbangkan drone harus dimiliki para pilot drone. Kalau ingin membeli drone untuk belajar, mulailah dari drone standar. Sementara jika kamu sudah mahir, boleh beralih ke drone profesional.