DurfMSu0Qxmk2O77Srei8VZ6q4jtkNf1l2GZimEB
Bookmark

Memasang Script Anti Copy Paste Kecuali Bagian Tertentu di Postingan Blog

Memasang Script Anti Copy Paste Kecuali Bagian Tertentu di Postingan Blog

Kali ini Santai Bareng NET akan membagikan Script Anti Copy Paste Kecuali Bagian Tertentu di Postingan Blog. Anti Copy Paste atau Copas ini, banyak digunakan para blogger untuk melindungi hasil tulisannya dari orang-orang yang suka melakukan kecurangan copy paste.

Kasus copy paste pada suatu artikel blog itu sudah tidak aneh lagi, banyak orang yang mencari keuntungan tanpa berusaha dan tidak mau bersusah payah untuk membuat artikelnya sendiri, hanya melakukan kecurangan seperti copy paste ini. Sehingga memasang script anti copy paste ini sangat dianjurkan untuk melindungi artikel-artikel yang sudah sobat susah-susah buat.

Script ini akan memblokir aktifitas copy paste, namun ada bagian tertentu dalam artikel yang masih bisa dicopy sesuai keinginan sobat. Seperti tulisan yang dibungkus oleh blockquote atau code. OK, langsung saja!

Oh iya, nanti sobat juga bisa mencoba trik yaitu Cara Melindungi Blog dari Jingling Bot Auto Visitor agar blog tidak kena spam.

{tocify} $title={Daftar Isi}

Memasang Script Anti Copy Paste Kecuali Bagian Tertentu di Postingan Blog

1. Masuk ke blogger.
2. Pilih menu Template - Edit HTML.
3. Cari kode ]]></b:skin> atau </style> (Biar lebih cepat pakai Ctrl +F)
4. Jika sudah ketemu, copy dan pastekan kode script dibawah ini tepat di atasnya.

/* Anti Copas santaibareng.net */
.post { -webkit-touch-callout:none; -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -ms-user-select:none; -moz-user-select:none; }
.post blockquote,.post pre,.post code { -webkit-touch-callout:text; -webkit-user-select:text; -khtml-user-select:text; -ms-user-select:text; -moz-user-select:text; }{codeBox}

5. Simpan Tempate dan coba tes hasilnya.

Membuat Bagian Tertentu pada Artikel Blog Agar Tetap Bisa Dicopy

Menggunakan Blockquote

Blockquote merupakan fitur bawaan dari blogger. Sobat bisa mengaturnya pada bagian tulisan yang diinginkan untuk tetap bisa dicopy oelh pengunjung blog.

Menggunakan Kode <pre><code> ... </code></pre>

Untuk cara ini, biasa digunakan untuk kode script. Untuk menerapkannya, tampilan editor artikel harus diubah menjadi mode HTML dahulu. Penerapannya seperti berikut ini:

<pre><code> letakkan kode atau tulisan disini </code></pre>{codeBox}

Nah, sekarang blog sobat sudah lebih aman dari gangguan oknum-oknum yang curang suka melakukan copas sembarangan tersebut. Selain itu, sobat juga bisa mencoba trik blogging yang masih serupa yaitu Cara Memberi Pesan Peringatan di Blog Saat di Klik Kanan.

Sekian tutorial blogger pemula mengenai Cara Memasang Script Anti Copy Paste Kecuali Bagian Tertentu di Postingan Blog. Semoga bermanfaat!