4 Cara Membuat Konten Viral yang Mendatangkan Banyak Kunjungan


Di zaman serba digital seperti sekarang, membuat konten yang viral terbukti memberikan banyak keuntungan. Beberapa blogger atau internet marketer biasanya membuat konten viral untuk mendatangkan banyak kunjungan yang mendongkrak nilai pemasangan iklan. Dampaknya, penghasilan pasif bisa dirasakan setiap bulannya.

Selain mendapatkan keuntungan berupa uang, konten viral juga bisa menjadi sarana personal branding. Pembaca artikel akan lebih mengenal Anda sehingga blog atau web yang dibuat jadi ramai pengunjung. Sementara jika konten yang dibuat dalam bentuk video, pengguna internet akan terus mencari video baru yang Anda buat.

Nah, pertanyaannya adalah bagaimana cara membuat konten yang viral. Untuk panduannya, simak uraian di bawah ini dengan saksama.

Membuat Konten yang Berkualitas

Idea
Sumber: mjoni.com
Membuat Konten yang Berkualitas

Sebelum membuat konten, carilah ide terlebih dahulu. Buat sesuatu yang baru atau menyajikan hal lama dengan beberapa modifikasi agar mudah dipahami oleh semua orang. (Ingat, konten yang viral biasanya dikenal oleh semua kalangan mulai dari remaja, dewasa, hingga orang tua.)

Lakukan riset mendalam terkait tema yang dibuat. Kalau Anda tidak memiliki jaringan WI-FI, gunakan paket internet Axis yang dikenal lebih murah dan kerap memberikan paket double qouta. Dengan paket data yang melimpah, Anda tidak akan kesusahan dalam melakukan riset hingga akhirnya menghasilkan artikel yang berkualitas.

Tentunya, informasi yang berkualitas tidak cukup hanya disajikan dalam sebuah artikel pendek. Berdasarkan analisis yang dilakukan BuzzSumo, semakin panjang artikelnya, semakin tinggi kesempatan untuk di-share. Artikel yang berisi 3.000-10.000 kata saja meraih lebih banyak share dibandingkan artikel di bawah 1.000 kata.

Ketahui Target Audience
Target Audience
Sumber: curatti.com

Ketahui Target Audience

Membuat konten yang bisa dibaca oleh banyak orang adalah hal yang harus dilakukan oleh blogger. Namun, kalau Anda tidak bisa melakukannya, lebih baik membuat konten yang sesuai dengan target audience. Misal, target yang diharapkan adalah anak muda usia kuliahan hingga pekerja yang baru masuk kantor.

Dengan mengetahui target pasar, Anda akan mudah melakukan riset. Selain itu, konten yang disajikan juga lebih relevan. Pembaca yang dijadikan target konten juga lebih memahami isi dan akhirnya membuatnya jadi viral. Mereka akan membagikan konten itu di media sosial sehingga bisa dilihat oleh semua orang.

Paham Cara Melakukan Promosi

Promosi
Sumber: goukm.id

Paham Cara Melakukan Promosi

Konten yang dibuat dalam bentuk artikel atau video tidak serta-merta jadi terkenal dan viral. Ada beberapa proses lagi yang harus dilakukan untuk membuatnya disukai oleh banyak orang. Proses itu adalah promosi di media sosial.

Promosi ini bisa dilakukan dengan mem-posting konten di beberapa akun media sosial. Anda harus memberi judul yang mengandung click bait pengguna internet. Selain itu, untuk memperlebar jangkauan dari pengguna, Anda bisa menggunakan iklan berbayar yang disediakan oleh Facebook atau Instagram.

Beberapa konten ada yang viral secara organik tanpa harus diiklankan. Namun, kemungkinan mendapatkan konten seperti itu juga kecil. 

Menggunakan Jasa Influencer



Influencer
Sumber: jasajaringanserver.com 

Menggunakan Jasa Influencer

Katakanlah konten yang Anda buat sudah berkualitas dari sisi isi dan juga video. Anda sudah melakukan riset mendalam hingga berlangganan beli paket internet axis di situs Traveloka kalau kuota data habis. Namun, konten itu tetap tidak laku karena beberapa faktor. Untuk membuatnya laku dan akhirnya jadi viral, Anda bisa menggunakan jasa influencer.

Pertama, Anda bisa membayar influencer yang biasanya seorang blogger untuk menyediakan landing page. Jadi, artikel atau konten yang Anda buat akan ditampilkan sebagian di web influencer. Selanjutnya, pembaca yang ingin mengetahui detail secara lengkap akan diarahkan ke web aslinya.

Hal senada juga bisa dilakukan untuk konten sejenis video. Anda bisa bekerja sama dengan vlogger atau siapa saja yang bisa mempromosikan video ini. Promosi dengan cara ini memang membutuhkan cukup banyak biaya. Bahkan jauh melebihi harga paket data yang Anda beli di Traveloka. Namun, efek yang diberikan bisa lebih cepat dan itu membantu personal branding yang Anda bangun.

Itulah beberapa cara membuat konten viral yang mendatangkan banyak kunjungan dan meningkatkan personal branding. Selamat mempraktikkan dan jadikan prosesnya lebih lancar dengan paket internet Axis yang melimpah!
Baca Juga!

Loading...