DurfMSu0Qxmk2O77Srei8VZ6q4jtkNf1l2GZimEB
Bookmark

Tips Merawat Baterai Smartphone Agar Tahan Lama dan Awet

Baterai Smartphone

Di jaman sekarang yang serba teknologi seperti saat ini, dapat dipastikan banyak sekali orang yang memiliki yang namanya handphone ataupun smartphone (telepon pintar). Akan tetapi, kebanyakan dari mereka hanya memanfaatkan fungsinya saja tanpa tahu cara merawatnya.

Kali ini Santai Bareng NET akan membahas khusus bagian baterai yang berfungsi sebagai tenaga atau energi listrik yang menjadi sumber listrik dari handphone maupun smartphone sobat.

Semua pengguna handphone dan smartphone pastinya menginginkan agar baterainya tahan lama dan awet tentunya. Lalu bagaimana caranya ? OK Langsung saja simak yuk!

Tips Merawat Baterai Smartphone Agar Tahan Lama dan Awet

1. Saat HP Sedang di Cas (Charge)

Kebanyakan orang akan memainkan HPnya ketika sedang dicas. Hal ini akan merusak baterai jika sering dilakukan. Sebaiknya, jangan gunakan HP ketika masih dalam kondisi dicas, lebih baik dimatikan agar pengisian lebih cepat serta baterai tidak cepat aus atau rusak.

2. Saat Sedang Dalam Perjalanan

Seringkali saat kita sedang berada dalam perjalanan ke suatu tempat, tiba-tiba terdengar bunyi peringatan "Baterai Lemah", segera matikan saja HPnya kalau perlu cabut baterainya agar cepat dingin (biasanya kalau baterai lemah kondisinya panas).

3. Saat HP Digunakan

Jika sedang asik memainkan berbagai macam aplikasi di HP dan tiba-tiba baterai sekaligus HPnya panas, segera hentikan dan tutup aplikasi yang sedang berjalan. Biarkan dingin dulu, kalau perlu dibuka casing bagian belakangnya. Ini dilakukan supaya baterai tidak gampang ngedrop (cepat habis) atau melembung.

4. Bersihkan Baterai

Jarang sekali pengguna yang mau membersihkan baterai HPnya. Untuk itu, cobalah sesekali membersihkan baterai pada bagian kuningannya. Tidak jarang banyak kotoran seperti debu yang nyangkut dibagian kuningan baterai yang menyebabkan lamanya (lemot) pengisian baterai serta akan menyebabkan baterai gampang ngedrop (cepat habis).

5. HP Baru (Pengguna baru)

Buat sobat yang baru membeli HP Baru, jangan langsung dicas ya. Gunakan saja dahulu dengan baterai yang tersisa, jika sudah ada peringatan baterai lemah atau kapasitas sekitar 10%-15%, segera cas HP dan jangan sambil digunakan dan lebih baik jika dimatikan.

Jika sobat tidak ingin HPnya kehabisan baterai ketika sedang dalam perjalanan atau diluar rumah, belilah Power Bank untuk mengisi daya baterai yang habis atau membawa baterai cadangan juga boleh. Hehehe{alertSuccess}

OK, sekian dulu ulasan mengenai Tips Merawat Baterai Handphone Agar Tahan Lama dan Awet. Selamat mencoba semoga bermanfaat.