Perangkat Lengkap CCTV


CCTV saat ini sudah menjadi alat keamanan pelengkap yang dipasang di berbagai tempat seperti hotel, bandara, stasiun, kantor, sekolah, dan lain sebagainya. Keberadaan alat ini sangat membantu manusia terutama dalam pengawasan suatu tempat menggunakan kamera tersembunyi. Alat ini bahkan sudah banyak terpasang di rumah-rumah pribadi masyarakat yang menginginkan keamanan lebih bagi rumahnya.

Perangkat Lengkap CCTV

Apa sebenarnya CCTV itu? Apa saja perangkat-perangkat yang ada di baliknya? Apakah alat ini merupakan perangkat elektronik yang sederhana? Anda akan mendapatkan informasi lebih lengkap pada penjelasan berikut ini. 

Apa itu CCTV? 
CCTV yang merupakan singkatan dari Closed Circuit Television adalah sebuah perangkat yang mampu merekam, menyimpan dan menampilkan gambar bergerak (video) pada suatu tempat dimana alat itu dipasang. CCTV menangkap sinyal buatan tertutup atau tersembunyi. Hal ini berbeda dengan TV pada umumnya. 

Perangkat-perangkat Di Balik CCTV 
Jika dilihat sekilas, maka hanya akan terlihat sebagai kamera pengintai yang menempel di tempat-tempat tersembunyi dan mampu merekap gerak-gerik semua yang lewat di depannya. Akan tetapi, CCTV tidak sesederhana gambaran itu. Kamera pengintai ini membutuhkan banyak perangkat pendukung agar mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Kamera yang terlihat oleh mata Anda, hanyalah satu dari sekian perangkat yang mendukung fungsi keseluruhan perangkat. Berikut perangkat-perangkat pendukung teknologi ini: 

1. Kamera 
Kamera merupakan alat mengambil gambar dalam seperangkat CCTV. Keberadaannya merupakan salah satu yang paling penting dalam alat ini karena mampu menangkap gambar bergerak atau video. Kamera memiliki ukuran yang beragam dan bentuk yang berbeda-beda. Ada yang sangat kecil, ada yang sedang, sampai yang berukuran cukup besar. Kemampuan atau resolusi kamera nya pun berbeda-beda. Semakin besar resolusi kamera, semakin tajam gambar video yang dihasilkan. 

2. Digital Video Recorder (DVR) 
DVR atau digital video recorder yang berfungsi untuk merekam dan mengolah gambar bergerak yang dikirimkan atau yang ditangkap oleh kamera. Sinyal yang ditangkap oleh kamera akan masuk ke dalam alat ini untuk direkam. DVR memiliki banyak jenis tergantung kebutuhan Anda. Jika Anda menginginkan video yang direkam berdurasi lama maka pilihlah DVR yang berkualitas tinggi yang mampu merekam video dengan durasi yang lama. Perangkat yang terdapat dalam DVR antara lain DVR itu sendiri dan juga kartu komputer DVR. 

3. Hard Disk Drive 
Harddisk drive atau HDD adalah ruang penyimpanan video yang sudah direkam oleh kamera. Kapasitas harddisk drive berbeda-beda tergantung kebutuhan dan pilihan Anda. Semakin besar kapasitas ruang penyimpanan harddisk drive, maka semakin banyak pula file video yang mampu direkam dan disimpan oleh kamera Anda. 

4. Coaxical Cable 
Coaxical Cable adalah kabel yang mengantarkan atau menghubungkan antara kamera dengan DVR. Coaxical Cable juga menghubungkan DVR dengan monitor. 

5. BNC Connector 
BNC connector merupakan alat yang dipasang pada kabel Coaxical Cable atau koaksial kabel. BNC connector dipasang pada ujung-ujung kabel koaksial. Ujung kabel ini akan menentukan apakah kabel Coaxical Cable dapat berfungsi baik atau tidak. 

6. Power Cable 
Power cable adalah kabel yang digunakan untuk menghubungkan perangkat CCTV dengan sumber daya listrik yang ada. Jika kabel power ini tidak ada, maka seperangkat kamera tidak mampu menjalankan tugasnya karena tidak teraliri listrik. Kabel power biasanya juga disambungkan dengan rol kabel yang cukup panjang agar kabel power yang pendek dapat berfungsi walaupun ukurannya tidak terlalu panjang. 

Nah. Sudah tau kan sekarang tentang penjelasan CCTV? 
Jika anda membutuhkan Perangkat Lengkap CCTV. Indotrading.com merupakan marketplace yang tepat yang didalam nya banyak ribuan member yang menjual berbagai macam macam barang B2B. Indotrading.com Juga Jual CCTV dan perlengkapan lainnya.
Baca Juga!

Loading...