DurfMSu0Qxmk2O77Srei8VZ6q4jtkNf1l2GZimEB
Bookmark

Elemen Penting Dalam Genset

Genset

Genset adalah alat pembangkit listrik yang sangat bermanfaat ketika sedang padam ataupun tidak dialiri listrik. Jam operasional masing-masing genset berbeda tergantung kapasitas konversi listrik dan bahan bakarnya. Sebelum genset dapat diinstalasi dan bekerja dengan baik harus dilakukan pengujian terlebih dahulu.

Load bank atau dummy load merupakan alat yang digunakan untuk pengujiian. Dummy load berfungsi optimal untuk melakukan pengujian kapasitas dan daya tahan genset. Sangat membantu melihat kondisi genset apakah sedang baik digunakan atau tidak.

{tocify} $title={Daftar Isi}  

Cara Kerja

Bekerja sebagai alat simulasi beban nyata karena dibekali komponen konversi tenaga listrik hingga menjadi energi panas. Pertama-tama energi listrik masuk untuk dan tersimpan sejenak, lalu diproses menjadi panas. Lebih dikenal sebagai komponen pemanas atau heater.

Agar panas yang dikonversikan tidak overheating, sebaiknya digunakan terlebih dahulu untuk memutar kipas. Tujuannya agar mendinginkan energi panas yang berasal dari heater tersebut. Dummy load ini berbentuk lebih sederhana serta bekerja dengan air campuran garam. Tenaga listrik yang berasal dari genset diletakkan dalam air garam.

Energi listrik tersebut nantinya akan mengalir ke air kemudian proses pemanasan terjadi. Alat ini disebut perangkat sederhana dan dioperasikan dengan mudah. Selain itu dapat dibuat sendiri dengan bahan dasar drum kosong yang diisi air sebanyak 70%. Masukkan garam secukupnya dan alirkan listrik dari bus bar tembaga.

Kelemahan alat ini terletak pada air garam yang bergelembung udara, muncul ketika air garam mulai mendidih. Banyaknya gelembung ini dapat mengganggu transfer energi listrik. Sebagai akibatnya simulasi beban tidak terkendali baik. Biasanya digunakan untuk genset berkapasitas kecil yakni dibawah 200 KVA.

Fitur

Tidak hanya menjadi simulasi beban, tetapi juga berfungsi sebagai alat pergerakan beban. Pemakaian riilnya genset ketika dihidupkan mengalami kejutan beban yang turun naik, dan beban overload. Genset yang baik tahan terhadap segala pergerakan beban.

Agar penggunaan lebih maksimal daoat disimulasiknan dengan Power Factor. Selain itu, juga dilengkapi serangkaian Inductor Bank atau Capacitator Bank. Sehingga pengujian genset lebih lengkap dan dapat menaikkan efisiensi pemakaiannya.

Dari Mana Mendapatkannya?

Anda bisa mendapatkan alat ini di vendor dalam negeri dan luar negeri. Selain itu juga ada tempat penyewaan khusus. Sangat direkomendasikan load bank Sewatama, teruji kualitas dan ketahanannya.
{leftSidebar}