DurfMSu0Qxmk2O77Srei8VZ6q4jtkNf1l2GZimEB
Bookmark

Tips dalam Merawat Hardisk Eksternal Agar Awet Tahan Lama

Harddisk Eksternal

Saat memory pada hardisk internal mulai penuh, tentu langkah tepat yang biasa dilakukan adalah dengan membeli hardisk eksternal. Terlebih bagi Anda yang suka mengoleksi video-video HD yang membutuhkan space besar. Berbeda dengan flashdisk, perangkat keras ini mempunyai daya simpan yang lebih besar dan ukurannya pun tidak sekecil flashdisk.

Namun, seperti jenis komponen lainnya, hardisk juga memiliki kesamaan dengan flashdisk, yaitu jika tidak berhati-hati saat menggunakannya, maka hardisk juga akan mengalami kerusakan. Dan agar lebih awet dan tahan lama, sebaiknya disimak beberapa tips mudah untuk merawat hardisk eksternal dengan benar berikut ini, agar terhindar dari kerusakan dini.

{tocify} $title={Daftar Isi}

Tips dalam Merawat Hardisk Eksternal Agar Awet Tahan Lama

1. Letakkan Hardisk di Tempat Datar dan Keras Agar Sirkulasi Lancar

Seperti alat elektronik pada umumnya, hardisk juga akan mengeluarkan panas saat dilakukan untuk bekerja. Tips untuk menjaganya tetap awet adalah Anda harus menaruh dalam tempat datar dan keras tanpa perlu mengalasinya dengan kain, bantal, dan sebaginya.

Hardisk yang dialasi dengan menggunakan bantal atau kain, tidak dapat mengeluarkan panas secara maksimal, sehingga akan tertahan di dalam jaringan dan menyebabkan terjadinya kerusakan.

2. Lakukan Scan Virus Secara Rutin

Setiap kali Anda menggunakan hard disk eksternal, biasakan untuk selalu melakukan scanning secara menyeluruh agar data-data yang tersimpan tidak terkena virus. Terutama jika Anda sering menggunakan hard disk Anda di beberapa komputer atau laptop.

3. Jangan Sampai Jatuh atau Terjadi Benturan Keras

Perangkat elektronik tentu akan mengalami kerusakan sistem jika terjadi benturan atau jatuh dari tempat yang cukup tinggi sehingga Anda harus hati-hati saat menggunakannya.

4. Buatlah Penataan File yang Rapi

Misalnya Anda bisa mengelompokkan file sejenis Anda menjadi satu jenis. Hal ini bertujuan untuk meringankan kinerja hard disk pada saat proses pencarian dan pengetikan.

5. Lakukan Safely Remove Hardware

Jangan membiasakan diri untuk asal mencabut hard disk karena bisa jadi data yang Anda pindahkan belum tersimpan di memory hard disk sehingga terjadi data corrupt. Selain itu pencabutan listrik secara langsung dapat menyebabkan kerusakan dan memperpedek masa pemakaian dari hard disk.

Demikian diatas tips yang dapat kita bagikan, terkait cara perawatan hardisk eksternal yang benar. Semoga bermanfaat.