DurfMSu0Qxmk2O77Srei8VZ6q4jtkNf1l2GZimEB
Bookmark

Perhatikan Hal Ini Biar Lancar Ngegame di Smartphonemu

Ngegame di Smartphone

Kamu seorang gamer yang suka ngegame di smartphone? Pastinya akan jengkel kalau waktu main game tiba-tiba smartphone jadi ngelag (seperti tersendat-sendat) atau bahkan macet dan kemudian mati karena ramnya gak kuat.

Untuk itu, kalau kamu mau beli smartphone yang nantinya akan kamu gunakan buat main game berat, perhatikan beberapa poin di bawah ini agar nantinya bisa lancar waktu memainkannya.

{tocify} $title={Daftar Isi}

Perhatikan Hal Ini Biar Lancar Ngegame di Smartphonemu

1. Resolusi Layar

Kebanyakan game berat memiliki grafis yang kompleks, dimana resolusi layar yang tinggi akan membuat efek geam yang terkesan real atau lebih nyata.

Jika ingin membeli smartphone baru untuk main game, setidaknya pilih smartphone yang beresolusi HD 720p. Kalau ingin yang lebih bagus, tinggal pilih resolusi diatasnya lagi. Namun perlu diketahui juga, hal ini perlu disesuaikan dengan penggunaan prosesor karena beban kerja akan lebih berat jika resolusi layarnya tinggi.

2. Memori Internal (Ruang Penyimpanan di Perangkat)

Game yang berat dan HD biasanya berukuran besar. Tak jarang game-game berukuran di atas 1 GB. Untuk itu, agar smartphonemu nanti bisa di install banyak game sekaligus, kapasitas memori internal harus memadai.

Jadi jika mau membeli smartphone, pilih smartphone dengan storage setidaknya 16 GB agar bisa menyimpan banyak game yang ingin kamu mainkan dan sisa memorinya tetap harus dibagi dengan system yang berukuran cukup besar. Akan lebih baik lagi jika smartphone tersedia slot memori eksternal.

3. User Interface

Perlu diperhatikan juga bahwa User Interface juga berdampak pada penggunaan RAM. Agar lancar dalam bermain game, pilihlah smartphone dengan User Interface yang ringan sehingga tidak terlalu membebani kinerja RAM. Selain itu, User Interface juga berpengaruh pada kegegasan multitasking.

4. RAM (Random Access Memory)

Pasti kamu bakalan ngerasa jengkel kalau waktu main game tiba-tiba ngelag, macet bahkan game tertutup sendiri. Hal tersebut sering terjadi karena kurangnya memori di smarphone kamu yang dikenal dengan RAM.

Agar lancar bermain game di smarphone, pilihlah smartphone yang memiliki RAM 2 GB atau lebih, mengingat bahwa beban pada RAM juga harus dibagi dengan system operasi dan beberapa aplikasi lain yang berjalan secara otomatis.

5. Sensor

Kehadiran sensor juga perlu diperhatikan karena juga berpengaruh pada pengalaman gaming. Pilihlah smartphone yang akan digunakan untuk bermain game yang mempunyai sensor akselerometer yang berfungsi untuk mengubah modus layar portrait ke landscape, hal ini akan sangat berguna nantinya jika game yang kamu mainkan dioperasikan dalam posisi miring atau landscape. Kamu bisa mengecek keberadaan sensor di smartphone yang kamu pakai dengan aplikasi Sensor Box for Android.

6. Kapasitas Baterai

Yang tidak kalah penting untuk diperhatikan agar bermain game lancar yaitu kapasitas baterai smartphone. Hardware akan bekerja dengan maksimal jika didukung dengan kapasitas baterai yang memadai. Untuk itu, pilihlah smartphone yang baterainya berkapasitas diatas 2.500 mAh agar kamu bisa menggunakannya untuk bermain game beberapa jam non-stop. Pasti bakalan galau kan kalau sedang asik bermain game tiba-tiba baterainya lemah, jadi gak seru lagi.

Itulah poin-poin yang perlu sobat perhatikan dulu sebelum membeli smartphone baru yang akan digunakan untuk bermain game, agar lancar waktu memainkannya dan tidak jengkel karena ngelag, macet bahkan gamenya tertutup sendiri. Tidak perlu khawatir soal harga, sekarang banyak kok smartphone dengan harga terjangkau yang beredar di pasaran yang tentunya memiliki poin-poin diatas.

Perlu diingat juga, walaupun sobat seorang gamer sejati, jangan sampai lupa membagi waktu untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitar ya!