Tips Sederhana Cara Memutihkan Gigi Kuning

Cara Memutihkan Gigi Kuning

Tidak sedikit orang yang ingin memiliki penampilan menarik. Penampilan memanglah menjadi hal yang memiliki peran besar dalam meningkatkan rasa percaya diri saat sedang mengobrol dengan orang lain. Seperti halnya memiliki barisan gigi putih berseri, itu bisa menunjang penampilan dan senyum seseorang emnjadi lebih baik. Secara tidak langsung, hal tersebut akan meningkatkan rasa percaya dirinya. 

Warna gigi mulai berubah menjadi kekuningan ataupun terdapat noda abu-abu yang timbul karena disebabkan oleh penambahan usia. Selain faktor tersebut, jenis makanan danminuman tertentu juga bisa mempengaruhi dalam perubahan warna gigi.

Untuk mewujudkan penampilan gigi menjadi putih berseri, ada beberapa hal yang bisa diterapkan. Cara memutihkan gigi kuning yang sederhana dan cukup mudah untuk dilakukan. Apa sajakah itu? Simak ulasan berikut!

Tips Sederhana Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami


Jaga Kebersihan Gigi dan Mulut Anda

Pastikan dalam sehari, Anda menyikat gigi minimal sebanyak dua kali. Rutinlah menyikat gigi khususnya setiap selesai makan merupakan salah satu tips untuk menjaga kesehatan gigi dan memutihkan gigi dengan sederhana.

Menyikat gigi akan mencegah noda menempel serta menghilangkan plak yang terdapat pada gigi. Untuk hasil yang maksimal, lengkapi juga dengan membersihkan sisa makanan menggunakan benang gigi dan obat kumur.

Perlu diketahui juga, jangan langsung segera menyikat gigi Anda setelah mengonsumsi makanan atau minuman yang asam, karena dapat melemahkan dan menghilangkan email gigi.

Menerapkan Pola Makan Sehat

Kurangi mengonsumsi makanan manis yang lengket. Anda bisa mulai perbanyak mengonsumsi makanan segar seperti buah dan sayuran. Makanan yang mengandung banyak serat dapat meningkatkan produksi air liur, sehingga dapat menghilangkan zat-zat yang merusak gigi.

Memanfaatkan asam malat dari buah-buahan

Salah satu zat alami yang banyak digunakan untuk memutihkan gigi secara alami adalah asam malat. Zat ini bisa ditemukan di buah-buahan seperti apel dan stroberi yang banyak mengandung asam amalat. Untuk membuat pastanya pun cukup mudah, cukup campurkan buah storberi yang telah dihancurkan dengan baking soda. Akan tetapi perlu diperhatikan juga, jangan terlalu sering menyikat gigi menggunakan pasta buatan ini, karena stroberi juga mengandung asam sitrat yang berpotensi merusak enamel gigi.

Kurangi minum teh, kopi dan soda

Dengan seiring bertambahnya usia, lapisan terluar pada gigi yaitu enamel, akan mulai menipis. Hal tersebut menyebabkan lapisan berikutnya yaitu dentin menjadi tampak lebih kuning. Untuk itu, sangat penting untuk mengurangi dan membatasi mengonsumsi minuman yang dapat meninggalkan noda pada gigi. Beberapa minuman tersebut seperti kopi, the dan soda.

Untuk menguji minuman dapat meninggalkan noda pada gigi, Anda bisa menempelkan minuman tersebut ke baju putih. Jika dapat menempel pada baju, berarti dapat menempel dan membekas juga pada gigi.

Mulai Berhenti Merokok

Banyak orang yang perokok giginya tampak kekuningan. Hal ini disebabkan noda yang ditinggalkan oleh rokok. Tembakau pada rokok merupakan noda yang sulit dibersihkan jika sudah melekat pada gigi., karena noda tersebut dapat menembus enamel gigi.

Semakin lama dan sering seseorang merokok, noda yang ditinggalkan dari tembakau akan semakin masuk lebih dalam lagi. Hal ini dapat menyebabkan hal yang lebih parah dari sekedar gigi kuning yaitu radang gusi, bau mulut hingga memicu kanker.

Nah itulah, beberapa tips sederhana cara memutihkan gigi kuning secara alami. Untuk hasil yang lebih memuaskan, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter gigi. Dengan begitu, Anda bisa mendapat perawatan gigi yang lebih baik dan gigi Anda akan tampak lebih putih serta menjadi lebih sehat.