DurfMSu0Qxmk2O77Srei8VZ6q4jtkNf1l2GZimEB
Bookmark

6 Tips Persiapan Sebelum Mengikuti Tes CPNS

Tips Persiapan Sebelum Mengikuti Tes CPNS

Bagi para pencari kerja khususnya yang ingin daftar menjadi PNS, dalam menghadapi tes rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), ada baiknya melakukan berbagai persiapan terlebih dahulu agar hasil yang di dapat bisa maksimal.

Meskipun belum tiba waktunya tes CPNS, tidak ada salahnya mempersiapkan segalanya jauh-jauh hari. Lagi pula hal tersebut dilakukan juga untuk kebaikan diri sendiri, agar mendapat hasil yang terbaik.

Ada beberapa persiapan penting yang mesti dilakukan untuk meningkatkan peluang lolos seleksi tes CPNS nantinya. Untuk itu, simak yuk persiapan apa saja yang mesti dilakukan!

{tocify} $title={Daftar Isi}

Persiapan Sebelum Mengikuti Ujian Tes CPNS

1. Perhatikan Jadwal Pendaftaran Tes CPNS

Yang paling penting disini adalah memperhatikan kapan jadwal pendaftaran tes CPNS akan dibuka. Para peserta ujian harus bersiap dan menunggu tahapan pendaftaran tes yang akan diumumkan pihak penyelenggara agar tidak terlambat mendaftar.

Untuk memperoleh informasi terbaru terkait CPNS, bisa mengikuti akun sosial media instagram @bkngoidofficial dan @kemenpanrb, agar tidak terlewat informasi apapun yang berkaitan dengan tes CPNS.

Sedikit tips, ketika mendaftar bisa dilakukan pada malam hari karena jumlah peserta yang melakukan pendaftaran tidak sebanyak jam-jam biasa, sehingga website akan lebih cepat diakses dan pengisian data bisa berjalan dengan lancar.

2. Rutin Belajar dan Berlatih Soal Tes CPNS

Untuk meningkatkan kemampuan, pastikan untuk rutin belajar dan berlatih soal seputar tes CPNS mulai dari sekarang. Sobat bisa mencari referensi dengan membeli buku yang berkaitan dengan tes CPNS.

Jika sobat tidak menemukan buku yang sesuai, tidak perlu khawatir dan panik. Sobat bisa membuka contoh soal cpns 2021 melalui smartphone atau gadget milik sobat lainnya.

3. Belajar dari Pengalaman

Mungkin sobat punya kenalan, tetangga atau bahkan saudara sendiri yang telah bekerja sebagai PNS. Nah, tidak ada salahnya untuk meminta pendapat dan tips-tips dari mereka terkait tes CPNS. Dengan begitu, sobat bisa mengondisikan diri untuk lebih baik lagi dalam mempersiapkan ujian.

Bagi sobat yang mungkin sebelumnya pernah mencoba tes CPNS, namun masih belum beruntung, pastikan menganalisa kembali faktor apa saja yang mungkin membuat gagalnya tes tersebut. Harapannya, sobat bisa menghindari kesalahan yang sama di tes CPNS berikutnya. Pastikan untuk selalu belajar dari pengalaman, karena “Pengalaman adalah guru terbaik”.

4. Pilih Instansi yang Sepi Peminat

Hal yang paling sering membuat gagal selain nilai, adalah jumalh saingan yang terlalu banyak. Nah, jika sobat tidak begitu mementingkan instansi mana yang akan menjadi tempat bekerja nantinya, sobat bisa memilih instansi yang sepi peminatnya. Dengan begitu, peluang untuk bisa lolos seleksi bisa meningkat.

5. Mulai Memanajemen Waktu Belajar Tes CPNS

Mulai sekarang, sobat harus dan wajib belajar dalam memanajemen waktu. Jangan membuang waktu yang ada dengan percuma, meskipun jadwal tes CPNS terbaru mungkin belum diumumkan.

Meskipun hanya sebentar, pastikan untuk meluangkan waktu secara khusus disetiap harinya untuk mempelajari berbagai soal tes CPNS. Sobat bisa mulai mencari kisi kisi cpns 2021 dan mulai berlatih mengerjakannya sesering mungkin.

Jika nanti sudah mendekati waktu tes CPNS, sobat juga harus memastikan jarak tempuh dari tempat tinggal ke lokasi ujian. Pastikan datang ke lokasi tes CPNS lebih awal agar sesampainya di lokasi sobat masih bisa membaca ulang materi serta mengondisikan diri agar lebih tenang dalam menghadapi tes CPNS yang sebenarnya.

6. Berdoa Sebelum dan Sesudah Tes CPNS

Hal wajib yang mesti sobat lakukan selanjutnya adalah berdoa. Pastikan untuk berdoa sebelum dan sesudah tes. Jangan lupa juga meminta doa restu dari orang tua dan keluarga lainnya agar bisa mendapatkan hasil tes CPNS yang maksimal.

Nah, itulah Tips Persiapan Sebelum Mengikuti Tes CPNS yang bisa diterapkan mulai dari sekarang. Semoga bisa lolos tes CPNS ya! Aamiin
{leftSidebar}