Instagram Luncurkan IG Reels Indonesia, Fitur Terbaru Instagram yang Mirip TikTok

Instagram Luncurkan IG Reels Indonesia

Beberapa waktu yang lalu ada perubahan tampilan pada instagram yang terlihat sedikit berbeda. Terdapat tombol dengan ikon video di bagian bawah yang disebut dengan IG Reels. IG Reels adalah fitur khusus instagram yang mirip dengan aplikasi TikTok.

IG Reels kini telah resmi rilis di Indonesia. Sebelumnya fitur reels ini juga sudah diluncurkan di Brazil dan mulai 25 juni 2021 IG Reels juga akan diluncurkan untuk pengguna instagram di Prancis dan Jerman. Untuk menikmati fitur ini, sobat cukup update aplikasi instagram ke versi terbaru, jadi tidak perlu bingung lagi untuk mencari-cari info IG Reels download atau IG Reels downloader untuk menggunakan fiturnya.

Fitur khusus Reels Instagram memungkinkan para pengguna untuk merekam video pendek berdurasi 15 detik yang bisa dimainkan bersamaan dengan musik atau audio lainnya. Pengguna bisa menggunakan katalog internasional maupun lokal untuk berkreasi menggunakan musik yang tersedia di Instagram. Video yang diunggah melalui ig reels dan dibagikan secara luas sangat berpotensi menjadi viral dengan cepat.

Fitur Reels yang mirip dengan aplikasi TikTok ini juga akan menyediakan alat pengeditan yang memudahkan pengambilan video dengan cara yang lebih kreatif dan sederhana.

Ketika Instagram Reels diluncurkan di Brasil pada tahun 2019 silam, tim Instagram belajar banyak untuk bisa segera meningkatkan pengalaman pengguna dengan Reels.

Sebelumnya, IG Reels adalah fitur instagram yang hanya boleh dibagikan di Instagram Stories. Akan tetapi, komunitas pengguna instagram memberi masukan bahwa mereka menginginkan kemampuan untuk berbagi video IG Reels dengan pengikut dan teman secara permanen layaknya post feeds instagram serta memiliki peluang untuk memperluas distribusi itu lebih maksimal.

Selain itu, komunitas sosial media Instagram juga mengatakan bahwa mereka menginginkan ruang khusus di mana mereka dapat dengan mudah membuat, menyusun dan menonton video IG Reels milik orang lain.

Dengan fitur mirip TikTok ini, Instagram telah memindahkan fitur IG Reels ke ruang yang didedikasikan khusus untuk profil pengguna dan eksplorasi (untuk akun publik), sehingga orang dapat berbagi dengan audiens baru dan membagikannya di Umpan Instagram.

Fitur baru IG Reels bukanlah upaya pertama yang dilakukan perusahan Facebook untuk menantang dan menyaingi popularitas aplikasi TikTok yang semakin meningkat setiap harinya. Pihak Facebook sebelumnya juga telah meluncurkan aplikasi video pendek bernama Lasso, tetapi sejauh ini mengalami kegagalan.

Kehadiran fitur IG Reels di Instagram diharapkan dapat memberi manfaat bagi para konten kreator dan meningkatkan keakraban pengguna dengan alat pengeditan video yang tersedia. Tentunya fitur-fitur yang terdapat pada IG Reels akan selalu diupdate secara berkala di masa mendatang untuk meningkatkan pengalaman pengguna yang lebih baik.
Lebih baru Lebih lama