DurfMSu0Qxmk2O77Srei8VZ6q4jtkNf1l2GZimEB
Bookmark

Link Download Aplikasi Cek Bansos, Bisa Juga Daftar Bansos Lewat Aplikasi Ini

Link Download Aplikasi Cek Bansos

Pihak Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia telah merilis secara resmi aplikasi cek bansos yang bisa diunduh dan diakses oleh masyarakat, terutama bagi mereka yang membutuhkan informasi terbaru terkait bantuan sosial atau bansos yang diadakan oleh pemerintah.

Terpantau dari akun instagram @kemensosri, terdapat tambahan fitur baru yang sangat bermanfaat yakni menu USUL dan SANGGAH yang menjadi jawaban atas keluhan yang banyak disampaikan masyarakat.

Keluhan tersebut terkait masalah tentang masyarakat yang berhak mendapatkan bantuan tetapi tidak dapat (exclusion error) dan ada juga yang tidak berhak tetapi dia mendapatkan bansos (inclusion error). Kini masalah tersebut sudah bisa ditindaklanjuti melalui menu baru yang disebutkan di atas.

Dengan adanya menu baru ini, masyarakat bisa mendaftarkan diri sendiri bila belum mendapatkan bansos. Selain itu, melalui aplikasi cek bansos ini, masyarakat juga berperan dalam membantu pemerintah dalam mengawal dana bansos agak tepat sasaran. Jika ada orang lain seperti sodara ataupun tetangga yang dirasa memang layak untuk mendapatkan bansos, bisa didaftarkan melalui menu USUL yang terdapat di dalam aplikasi.

{tocify} $title={Daftar Isi}

Link Download Aplikasi Cek Bansos dari Kemensos

Sobat bisa segera mengunduh dan menginstall aplikasi cek bansos melalui link download berikut:
  • Ukuran file: 6,3 MB
  • Versi: 1.0.3
  • Android Versi: 5.0 dan yang lebih tinggi

Link yang dibagikan Santai Bareng NET di atas merupakan link aplikasi cek bansos resmi yang dirilis oleh pihak Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia. Sobat juga bisa mencarinya langsung melalui Google Playstore, akan tetapi disana terdapat banyak aplikasi serupa dengan warna, nama hingga logo yang mirip dengan aplikasi resmi, sehingga rawan terjadinya pencurian data. Jadi, lebih baik langsung donwload aplikasi cek bansos melalui link di atas ya sobat!

Cara Daftar Akun di Aplikasi Cek Bansos

  • Siapkan KTP dan KK, ini dibutuhkan saat proses daftar seperti Nomor Kartu Keluarga (KK), Nomor Induk Kependudukan (NIK), nama, alamat, nomor HP aktif dan email untuk proses verifikasi.
  • Anda juga diminta untuk mengupload foto KTP dan swafoto dengan KTP (Selfie sambil memegang KTP)
  • Selanjutnya periksa email, untuk mendapatkan kode verifikasi yang dikirimkan, kemudian masukkan ke kolom yang tersedia.
  • Sekarang Anda sudah berhasil membuat akun, kini tinggal menunggu proses verifikasi data oleh Admin.

Jika data yang sobat kirimkan melalui aplikasi bansos sudah berhasil diverifikasi oleh admin, kini sobat sudah bisa mengakses menu baru yakni menu USUL dan SANGGAH melalui aplikasinya. Jika sobat masih bingung terkait cara daftar usulan untuk bisa mendapat dana bansos, bisa dipelajari melalui artikel Cara Daftar Bansos di Aplikasi Cek Bansos!

Demikian cara mendaftar akun di aplikasi cek bansos yang bisa sobat terapkan beserta link download aplikasi resminya untuk HP android. Semoga aplikasi ini bisa mempermudah dan membantu banyak masyarakat yang membutuhkan, agar lekas mendapatkan dana bantuan sosial dari pemerintah.