DurfMSu0Qxmk2O77Srei8VZ6q4jtkNf1l2GZimEB
Bookmark

Cara Daftar Bansos di Menu Usulan Aplikasi Cek Bansos! Wajib Punya KTP dan KK

Cara Daftar Bansos di Menu Usulan Aplikasi Cek Bansos

Untuk membantu masyarakat yang membutuhkan, pemerintah terus menerus berupaya dalam mendistribusikan dana bantuan sosial atau bansos, salah satunya dengan membuat aplikasi cek bansos secara resmi yang dikeluarkan oleh pihak Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia.

Adanya aplikasi ini membantu dalam upaya agar bantuan sosial yang diberikan bisa tepat sasaran dan bisa diterima oleh masyarakat yang benar-benar membutuhkan. Aplikasi Cek Bansos ini juga bisa membantu masyarakat untuk mendapatkan informasi data kepesertaan bantuan sosial (BPNT, BST, dan PKH).

Masyarakat juga bisa memanfaatkan fitur terbaru yakni adanya menu USUL yang berfungsi untuk mendaftarkan diri sendiri, sodara, tetangga ataupun orang lain untuk mendapatkan bansos dari pemerintah. Bagaimana sih caranya mendaftar? Simak sampai selesai yuk!

Cara Daftar Bansos di Menu Usulan Aplikasi Cek Bansos

Fitur menu baru USUL di dalam aplikasi cek bansos bisa digunakan masyarakat langsung secara online untuk mendaftarkan diri atau orang lain jika memang belum mendapatkan bansos. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pastikan sobat sudah install Aplikasi Cek Bansos, jika belum bisa langsung Download Disini
  2. Ikuti langkah-langkah dalam membuat akun baru terlebih dahulu
  3. Setelah akun berhasil diverifikasi, masuk ke menu Daftar Usulan dan pilih tombol tambah usulan
  4. Siapkan dokumen seperti Nama, Nomor Induk kependudukan (NIK), dan status kesesuaian Dukcapil, kesesuaian wilayah dengan pengusul, Kartu Keluarga (KK)
  5. Jika ingin mengajukan keluarga sendiri maka status sama dengan 1 KK
  6. Selanjutnya isi form pendaftaran secara benar sesuai KTP
  7. Field yang diisi untuk menu usulan, seluruh data wajib diisi sesuai dengan data kependudukan karena sama seperti menu Register dan akan langsung dipadankan dengan data dari Dukcapil.
  8. Pada menu Pilih Bansos, hanya akan muncul apabila NIK yang diinput terdapat dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS)
  9. Jika sudah, sobat tinggal menunggu kelanjutan proses penyaluran bansosnya dari pemerintah setempat

Demikian Cara Daftar Bansos di Menu Usulan Aplikasi Cek Bansos yang bisa sobat praktekan. Semoga bermanfaat!