DurfMSu0Qxmk2O77Srei8VZ6q4jtkNf1l2GZimEB
Bookmark

Awas Infeksi Luka Bekas Operasi

Operasi

Penyakit yang ada di dunia ini sangatlah beragam. Dan tentu saja hal tersebut juga membuat cara pengobatannya juga berbeda-beda. Ada beberapa penyakit di dunia ini yang memerlukan penyembuhan dengan cara operasi.

Operasi bedah adalah metode yang paling sering dilakukan untuk mengobati suatu kondisi medis atau penyakit. Tapi tentu tak semua penyakit atau gangguan fungsi tubuh dapat disembuhkan dengan cara operasi.

Namun, operasi bedah terkadang memberikan efek yang kita tidak suka. Terkadang terjadi infeksi luka yang muncul pada luka bekas sayatan operasi atau biasa disebut infeksi luka operasi (ILO). Karena dalam prosedur operasi dokter bedah akan membuat sayatan pada kulit dengan menggunakan pisau bedah, sehingga menimbulkan luka operasi.

Meskipun telah sesuai dengan prosedur operasi dan melalui berbagai tindakan pencegahan, kemungkinan munculnya infeksi pada luka operasi selalu ada. Sebagian besar infeksi luka operasi muncul dalam 30 hari pertama setelah operasi dilakukan.

Infeksi luka operasi (ILO) umumnya disebabkan oleh bakteri. Contoh bakterinya seperti Staphylococcus, Streptococcus, dan Pseudomonas. Luka operasi dapat terinfeksi oleh bakteri-bakteri tersebut melalui berbagai bentuk interaksi, antara lain seperti interaksi antara luka operasi dengan kuman yang ada di kulit atau dengan kuman yang tersebar di udara, interaksi dengan kuman yang telah ada di dalam tubuh atau organ yang dioperasi, dan interaksi dengan tangan dokter maupun perawat atau dengan alat-alat operasi.

Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seorang pasien mengalami infeksi luka operasi setelah menjalani operasi. Diantaranya seperti menjalani operasi yang membutuhkan waktu lebih dari dua jam, menjalani operasi pada bagian perut, menjalani operasi segera, pasien yang menderita kanker, diabetes, dan obesitas, memili sistem kekebalan tubuh yang lemah, dan orang yang lanjut usia.

Untuk merawat luka operasi, Anda dapat membaca https://www.guesehat.com/mengupas-mitos-dan-fakta-cara-membersihkan-luka

Selain itu, Anda juga dapat membeli berbagai macam obat-obatan di goapotik yang merupakan apotik online terlengkap dan terpercaya yang membuat Anda tidak perlu repot-repot lagi pergi ke apotik. Berbagai jenis obat-obatan mulai dari obat untuk menyembuhkan luka sampai obat berikut ini.

{leftSidebar}