Tips Merawat Flashdisk Agar Awet dan Berfungsi Optimal

Tips Merawat Flashdisk Agar Awet dan Berfungsi Optimal

Tips Merawat Flashdisk
Pada saat ini, siapa yang tidak mengenal flashdisk. Yup, benda mungil ini memang besar sekali manfaatnya. Kita dapat menyimpan berbagai jenis file, mulai dari file gambar, musik, video, dan banyak lagi lainnya. 

Nah, seperti komponen lainnya pasti seiring berjalannya waktu flashdisk akan rusak dan tidak berfungsi secara normal lagi. Namun tentunya jika kita bisa merawat dengan benar maka bisa jadi umur pakainya akan sangat lama. Sehingga kita bisa menghemat pengeluaran, tanpa sering-sering membeli flasdisk baru .

Lantas, bagaimana caranya merawat flashdisk yang benar, supaya awet baru dan berfungsi dengan maksimal? Nah berikut jawabannya.

1. Selalu Lakukan Scanning Virus
Sebelum Anda membuka data pada flashdisk, selalu biasakan untuk melakukan scan virus, terutama jika komputer atau laptop Anda sudah banyak virusnya.

2. Jauhkan dari perangkat lain
Perangkat-perangkat yang mempunyai medan magnet tinggi seperti ponsel, dapat mempengaruhi kinerja dari flashdisk, oleh karena itu, idealnya Anda tidak meletakkan falshdisk pada jarak berdekatan dengan perangkat yang bermedan magnet.

3. Jangan Mengedit File yang Ada di Flashdisk
Jika Anda berniat memperbaiki file yang kurang benar, sebaiknya Anda pindahkan filenya di perangkat komputer terlebih dahulu. Karena flashdisk memilik daya maksimum untuk tindakan ketik dan hapus.

4. Simpan Data Secukupnya
Menyimpan data yang menghabiskan memory cukup banyak dapat menyebabkan kinerja flashdisk menjadi tidak maksimal. Jika file berukuran terlalu besar, Anda bisa mengkompresnya dalam file zip.

5. Hindari Kontak dengan Air
Saat kita lalai, biasanya flashdisk masih di dalam kantong baju sehingga ikut tercuci dan terkena air. Selalu simpan flashdisk di tempat yang kering agar flashdisk tidak cepat rusak.

6. Tutup Kembali Flashdisk Anda
Berbagai bentuk desain dan merk dari flahsdisk pastti selalu dalam keadaan tertutup. Jadi, untuk menghindari debu dan kotoran lainnya, Anda harus membiasakan untuk menutup kembali flashdisk Anda.

7. Jangan Sampai Terjatuh
Jika Anda mersa kurang berahti-hati dengan barang-barang kecil, misalnya, Anda bisa memilih flashdsik dengan warna cerah, karakter kesukaan, dan bentuk yang tidak terlalu kecil. Flashdisk yang mengalami benturan saat terjatuh tentu dapat mempengaruhi sistem kerjanya.

8. Biasakan untuk Eject
Kunci yang paling utama untuk menjaga flashdisk Anda tetap awet adalah dengan selalu eject sebelum Anda mencabutnya. Selain membuat rusaknya sistem, data-data yang ada di flashdisk juga bisa hilang.

Bagaimana sekarang sudah tahu kan tata cara merawat flashdisk yang benar? Selamat mempraktekkan, semoga flasdisk sobat awet.
Terimakasih sudah berkunjung ke Santaibareng.net

Loading...

Share This :
Santai Bareng

Ayo bergabung bersama kami untuk Belajar & Berbagi Bersama di SANTAIBARENG.NET

IBX59EDC09435840