Makanan dan Minuman Sumber Kalsium bagi Ibu Hamil

Ibu Hamil Makan

Asupan kalsium sangat penting bagi manusia, terutama bagi ibu hamil. Bisa dibilang, kalsium merupakan nutrisi dan multivitamin yang dibutuhkan ibu hamil.

Pada dasarnya, janin yang ada di dalam perut membutuhkan asupan kalsium untuk proses tumbuh kembang tulangnya. Oleh karena itu, ibu hamil bisa mengonsumsi makanan atau minuman sehat yang mengandung kalsium, seperti:

{tocify} $title={Daftar Isi}

Makanan dan Minuman Sumber Kalsium bagi Ibu Hamil

1. Yoghurt

Yoghurt menjadi salah satu makanan yang bisa dikonsumsi ibu hamil untuk menambah asupan kalsium. Satu cangkir yoghurt plain (tawar), tanpa lemak, mengandung sekitar 338 mg kalsium. Jumlah ini merupakan sepertiga jumlah kebutuhan kalsium harian ibu hamil. Yoghurt tanpa rasa menjadi pilihan paling sehat, namun ibu hamil juga bisa menambahkan potongan buah segar agar terasa lebih enak.

2. Susu

Berbagai macam olahan susu bisa membuat kandungan kalsium dalam tubuh meningkat. Mulai dari susu sapi, susu kedelai, almond atau hazelnut juga bisa dikonsumsi oleh ibu hamil. Semua jenis susu tersebut setidaknya memiliki kandungan 300 mg kalsium di setiap cangkirnya. Jika ibu hamil tidak suka susu, anda bisa mengakalinya seperti menambah susu saat bersarapan roti atau sereal.

3. Keju

Salah satu bentuk olahan susu yang juga bisa dikonsumsi sebagai sumber kalsium. Keju memiliki rasa lebih gurih dan juga bisa dimanfaatkan sebagai tambahan bahan masakan atau minuman. Konsumsi keju semacam ini bisa dilakukan ibu hamil contohnya, sembari makan kentang, makan telur orak-arik atau sebagainya.

4. Tahu dan Tempe

Tahu dan Tempe merupakan makanan yang sangat mudah dijumpai di Indonesia. Apalagi tahu memiliki kandungan kalsium tinggi sebesar 434 mg per setengah cangkir. Ibu hamil bisa sangat mudah untuk mengolah tahu, hanya tinggal menggorengnya dengan tepung atau menggorengnya langsung.

5. Sayuran Hijau

Sayuran hijau selain kaya kandungan serat, juga memiliki manfaat sebagai sumber kalsium. Sayuran-sayuran yang bisa dikonsumsi antara lain sawi hijau, kale, bayam, daun katuk dan brokoli.

Pentingnya asupan kalsium selama kehamilan membuat sayuran-sayuran ini cukup diolah sederhana dengan cara direbus atau dikukus. Pastikan setelah direbus, ibu hamil juga meminum air rebusannya agar kandungan nutrisi sayur tetap terkonsumsi.
{leftSidebar}
Lebih baru Lebih lama
Jasa Penulisan Artikel SEO Murah Bergaransi