DurfMSu0Qxmk2O77Srei8VZ6q4jtkNf1l2GZimEB
Bookmark

Tips Memilih Gaming Monitor untuk Pengalaman Terbaik dalam Bermain Game

Tips Memilih Gaming Monitor

Saat ini banyak sekali orang yang memiliki hobi bermain game entah itu game console, game mobile ataupun game PC. Game PC kini menjadi game yang begitu populer karena banyak pilihan jenis permainan yang ditawarkan dengan tampilan grafis yang sangat memukau.

Nah, agar bisa memainkan game PC, tentunya diperlukan perangkat untuk merakit PC gaming. Banyak sekali perangkat yang diperlukan untuk merakit PC gaming impian salah satunya adalah perangkat gaming monitor murah. Fungsi monitor gaming sendiri tidak sebatas untuk PC gaming saja tetapi juga dapat digunakan untuk konsole seperti PlayStation dan Xbox.

Banyak merek yang mengeluarkan produk gaming monitor murah dengan desain menarik yang berbeda-beda. Namun, perlu diketahui juga ada beberapa faktor penting untuk mendapatkan perangkat monitor gaming terbaik seperti resolusi, refresh rate, response time, adaptive sync, color gamut, jenis panel, dukungan konektivitas dan beberapa faktor lainnya. Dengan begitu pengalaman terbaik saat bermain game bisa dirasakan dengan lebih maksimal.

Nah, agar Anda bisa mendapatkan pengalaman terbaik dalam bermain game, ada baiknya memperhatikan beberapa tips memilih gaming monitor berikut ini.  

{tocify} $title={Daftar Isi}

Tips Memilih Gaming Monitor

1. Resolusi Gaming Monitor 4k

Resolusi layar monitor gaming berkaitan dengan dukungan resolusi yang ada di dalam game. Saat ini ada tiga jenis resolusi yang tersedia, diantaranya ada yang paling rendah mulai dari Full HD/1080p, 2K/Quad HD/1440p, dan 4K/Ultra HD/2160p.

Kini banyak gamer yang mulai menyadari bahwa standar minimal resolusi gaming monitor yang memenuhi kebutuhan adalah di resolusi 1440p, karena mampu menyediakan frame rate stabil di dalam game terbaru tanpa harus memiliki hardware jenis kelas atas.

2. Refresh Rate Gaming Monitor

Refresh rate merupakan kemampuan monitor gaming dalam memperbarui (refresh) tampilan gambar setiap detiknya atau frame per second (fps) yang diukur dalam satuan Hertz (Hz). Semakin tinggi nilai angka Hz, akan semakin banyak jumlah gambar yang muncul dalam proses refresh rate.

Dalam beberapa jenis game seperti FPS (First-Person Shooter), pertarungan, balapan, olahraga, dan RTS (Real-Time Strategy), menggunakan gaming monitor dengan refresh rate yang tinggi sangat direkomendasikan. Karena jenis game tersebut memerlukan pergerakan visual yang cepat dan akurat.

Selain itu, kemampuan refresh rate juga akan menyesuaikan dengan kemampuan GPU di kartu grafis yang digunakan. Apabila kartu grafis mampu menyajikan frame rate tinggi, maka gaming monitor juga harus mengimbangi kemampuannya.

3. Response Time Gaming Monitor

Response time adalah waktu yang diperlukan pixel di monitor untuk beralih dari satu warna ke warna lainnya yang diukur dalam satuan milidetik (ms). Jika semakin rendah, maka akan semakin cepat. Gaming monitor terbaik adalah yang memiliki response time 1ms.

Jika user memperhatikan response time monitor, maka bisa menghindari efek screen tearing atau tampilan gambar seperti robek dengan terlihat garis patah-patah di tengah gambar serta frame rate yang mungkin tidak stabil.

4. Panel Layar yang Digunakan Gaming Monitor

Terdapat tiga jenis panel yang biasa dipakai gaming monitor diantaranya ada panel TN (Twisted Nematic), IPS (In-Plane Switching), dan VA (Veritcal Alignment) yang masing-masing karakteristiknya berbeda.

Panel TN (Twisted Nematic), menyediakan dukungan refresh rate tertinggi dan response time rendah. Panel IPS (In-Plane Switching), menawarkan reproduksi warna dan vieweing angle yang lebih baik tapi response timenya masih di bawah panel TN. Sedangkan panel VA (Veritcal Alignment), berada di antara dua jenis panel tadi. Reproduksi warna dan sudut pandang panel VA setara dengan kualitas dari panel IPS, akan tetapi lebih unggul di kontras gambar.

Apakah Anda memprioritaskan tampilan game dengan gambar yang mulus, gambar yang tajam dan detil, atau ingin keduanya seimbang? Anda bisa mempertimbangkannya menyesuaikan dengan game yang suka dimainkan. Jadi prioritas ini subjektif untuk setiap gamer.

5. Adaptive Sync Gaming Monitor

Adaptive Sync berfungsi untuk mengurangi efek screen tearing dalam game. Untuk saat ini ada dua pilihan screean tearing yakni NVIDIA G-Sync dan AMD FreeSync. Fungsinya sama, hanya ada sedikit perbedaan dari sisi harga.

Harga monitor gaming dengan teknologi NVIDIA G-Sync lebih tinggi dari AMD FreeSync yang lebih terjangkau.

6. Color Gamut Gaming Monitor

Color gamut merupakan rentang jangkauan warna yang bisa dilihat mata pengguna. Rentang color gamut yang lebih lebar atau luas memiliki reproduksi warna yang lebih maksimal. Dengan bagitu mampu meningkatkan kualitas visual gambar dan elemen detil grafis.

Ada tiga standar color gamut populer yang tersedia saat ini yaitu sRGB, AdobRGB, dan NTSC. Gaming monitor yang mendukung color gamut 100% pada satu atau lebih skala ini pasti menghadirkan reproduksi warna yang maksimal.

7. Dukungan konektivitas Gaming Monitor

Terdapat beberapa jenis konektor atau konektivitas di monitor gaming. Setiap konektivitas memiliki keunggulan yang berbeda-beda.
  • Konektivitas DisplayPort, biasa digunakan untuk menghubungkan PC dan monitor serta mampu menyediakan refresh rate yang tinggi.
  • Konektivitas HDMI, bisa menyediakan visual sekaligus audio. HDMI biasa digunakan untuk konsol, tetapi juga tersedia untuk PC.
  • Konektivitas DVI, merupakan alternatif port HDMI apabila GPU kartu grafis atau monitor tidak memiliki jumlah port yang cukup untuk semua perangkat.
  • Konektivitas VGA, merupakan port alternatif terakhir, jenis port ini sudah jarang ditemukan di perangkat keluaran terbaru saat ini.

Nah, itulah Tips Memilih Gaming Monitor untuk Pengalaman Terbaik dalam Bermain Game yang bisa Anda lakukan sebelum memilih gaming monitor murah. Selamat bermain game, semoga bermanfaat!
{leftSidebar}