Kriteria Data Center yang Perlu Anda Perhatikan

Kriteria Data Center yang Perlu Anda Perhatikan

Tahukah anda bagaimana cerita panjang mengenai perkembangan teknologi dunia? Jika dilihat hingga sekarang, teknologi sudah mengalami perkembangan secara pesat dari waktu ke waktu, dan itu juga telah membantu kegiatan manusia menjadi lebih efesien. Maka dari itu, ada baiknya bagi kita untuk mengetahui sejarah panjang mengenai perkembangan teknologi. Dikaitkan dengan saat ini, pernahkah kamu mendengar tentang data center sebelumnya? Apakah itu? 

Arti dari data center itu sendiri adalah sebuah rungan yang dirancang sedemikian rupa untuk menempatkan server komputer dan perangkat jaringan komputer yang terhubung ke jaringan internet. Disebut juga dalam bahasa Indonesia “Pusat Data”. Ruangan pusat data tersebut harus memenuhi syarat tertentu agar aman dan stabil dari gangguan baik secara fisik maupun virtual sehingga data yang ditempatkan pada sever di pusat data dapat selalu mudah dan cepat di akses oleh para pengguna. Oleh karena itu pembangunan pusat data diperlukan konsultan data center yang berpengalaman dalam membangun pusat data. Seperti Google dan Facebook, mereka memiliki pusat data sendiri untuk kegiatan usahannya sehari-hari. Data Center Google serta Facebook ini tergolong pusat data raksasa dengan luas puluhan ribu meter. 

Lalu, apa saja kriteria data center? Disamping pengertian pusat data tersebut di atas, tujuan pusat data adalah mudah diakses, cepat, dan stabil aman dari gangguan. Maka pusat data itu sendiri memiliki kriteria sebagai berikut: 

  • Lokasi pusat data di wilayah yang aman dari banjir, gempa bumi dan longsor, gangguan demo anarkis dan gangguan lainnya. Ini sangat penting sebagai tempat yang aman untuk menjaga data .
  • Kehandalan, pusat data harus memiliki kehandalan dalam pengaksesan data oleh para penggunanya, seperti kecepatan jaringan internet.
  • Stabilitas, pusat data biasanya memiliki fleksibilitas dalam memberikan layanan ke pelanggan, seperti kemudahan dalam mengatur skala penggunaan server. Hal itu perlu didukung struktur design pusat data yang dapat memeberikan efesiensi serta pemilihan penggunaan perangkat di pusat data yang dapat mendukung fleksibilitas untuk skalabilitas secara cepat dan tepat.

Bagaimana dengan keberadaan data center di Indonesia? Di kota besar yang ada di Indonesia sudah ada beberapa data center seperti di Jakarta, di Jawa Barat, yang semakin banyak tumbuh diwilayah lainnya seperti di Cikarang, Bekasi, Medan dan Surabaya namun tidak sebesar di Jakarta dan Jawa Barat. Pemerintah sangat paham mengenai perkembangan kebutuhan pusat data, oleh karena itu pemerintah sudah berencana membangun data center melalui perusahaan TELKOM. Selain itu, kamu juga dapat mencari layanan data center di NEX

Siapa saja penggunanya? Secara umum, pusat data dapat digunakan oleh siapa saja yang memerlukan ruangan penyimpanan data yang sangat terjaga dan didukung koneksi internet berkecepatan tinggi. Saat ini pengguna data center di Indonesia baru sebatas pemerintah dan perusahaan besar seperti perusahaan asuransi dan perbankan dan perusahaan multi nasional. Bagi perusahaan multi nasional yang beroperasi di Indonesia, contohnya seperti Aplikasi Uber dan Grab Bike atau Grab Car, tentunya data mereka akan lebih cepat diakses jika mereka meletakkan aplikasinya tersebut pada data center yang berlokasi di Indonesia. Pusat data ini selain bermanfaat untuk peletakan aplikasi, akses data, juga untuk lebih berhemat. Begaimana tidak, jika sebuah perusahaan atau organisasi membangun sendiri pusat data baik dalam skala kecil maka investasi yang diperlukan cukup besar dan belum tentu optimal, dengan memakai pusat data tentu permodalan perusahaan dapat lebih optimal selain kinerja efisien.